Tuesday, March 25, 2008

dari KEBON JERUK ke KEBUN RAYA: ada bahagia di sana

It's gonna be a long...long...long story:

Hari Sabtu kemarin kita memutuskan touring ke Bogor ala backpacker...itu lho gaya turis dengan ransel dan akomodasi seadanya. Tadinya sih ragu-ragu karena kita bertiga bangun kesiangan (biasa hari libur, habis Subuh nyungsep lagi ke kasur), di tambah lagi saya lagi flu. Tapi membayangkan libur cuma manyun di rumah aja, akhirnya kita putuskan untuk segera berangkat.


Start dari rumah sekitar jam 9. Kita bertiga dengan kompaknya jalan kaki ke depan trus naik mikrolet ke pintu tol terdekat. Alhamdulillah dan lucky us, begitu sampai tol langsung dapat bis jurusan Bogor, gak pake acara nunggu lama-lama. Awal-awal Fikri masih semangat...selanjutnya langsung tidur di bangku bis (kita gak bisa duduk jejer bertiga).



Pules bener tidurnya..

Gak ada macet, sampai di Bogor sekitar jam 10 lewat, turun di dekat Terminal Baranang Siang. Perut dah ngajakin makan, karena tadi di rumah hanya Fikri yang sarapan, tapi kata Mas Achmad ntar aja makan di Tajur. Yo wis, lanjut lagi naik angkot jurusan Tajur.

Sampai Tajur langsung ke tempat makan, dan pesan deh 2 porsi soto bogor. Fikri saya tawarin es duren langsung dia asyik sendok menyendok es duren itu. Wuah seandainya tenggorokan saya gak lagi sakit, bisa pesan 1 lagi deh.

Bagi dong, Bang---------------------------Penampakkan soto bogor

Setelah perut kenyang dan badan bertenaga, di mulailah pencarian itu. Maksudnya pilah-pilih tas dan sepatu. Tapi gak dapat yang sesuai selera. Ditambah lagi Fikri dah manyun aja kalo diajak cari keperluan ibunya. Tapi ada hikmahnya juga, jadi kan saya gak keluar uang untuk sesuatu yang tidak begitu penting (aiiih...tumben bijak amat!).

Pilah-pilih doang tapi gak dapet yang dimaui

Dari Tajur naik angkot menuju ke arah kota. Karena dah hampir waktu Dzuhur, kita mampir dulu di masjid raya Bogor (Masjid raya tapi kok kecil ya?). Sempet minum es cincau ijo dan gaya-gaya sebentar.

Di sebelah mesjid raya bogor------minum es cincau ijo sueger------------di depan masjid

Dari situ naik angkot ke arah tujuan utama kita...ke Kebun Raya Bogor (beneran kita bertiga belum pernah ke sini sebelumnya). Baru aja masuk tiba2 ujan gedhe mengguyur, huaaaa dah mau nangis deh kalo ujan gak brenti2. Akhirnya nunggu dulu sekitar 30 menit sambil makan gorengan, alhamdulillah ujan mengecil.

Alhamdulillahnya lagi kita langsung dapat mobil kecil untuk berkeliling Kebon Raya (mobil yang kayak di lap. golf itu, tapi gak sempet difoto ), padahal hari itu mobil yang beroperasi cuma 4. Keliling-keliling Kebon Raya ditemani gerimis rintik-rintik dan udara yang dingin berasa gemana geetooo...

Setelah keliling2 sekitar 30 menit akhirnya kita nyangkut di belakang Istana Bogor. Masih gerimis tapi alhamdulillah ada ojek payung. Tidak lama kemudian ujan berangsur brenti dan matahari sore dengan malu-malu mulai menampakkan dirinya....cukup cerah untuk menemani kami bertiga menikmati keindahan danau dengan latar belakang Istana Bogor.....and the narsis mode on.....






Puas gaya-gaya, ketawa-ketawa cengengesan dan bercanda-canda, kita keluar dari Kebun Raya, langsung naik angkot ke Stasiun Bogor (Fikri dah kebelet naik kereta). Sampai stasiun sekitar jam 4, beli tiket Pakuan Express yang jam 16.17. Masih ada waktu buat Mas dan Fikri sholat Ashar (saya sedang berhalangan). Kereta kosong dan tepat waktu berangkat ke Jakarta.

Di stasiun Bogor-------------------------Di dalam Pakuan Express

Alhamdulillah perjalanan lancar, sampai stasiun Gambir sejam kemudian. Dari Gambir naik bis ke arah rumah. Tadinya Mas Achmad menawarkan untuk naik taxi aja, tapi kan gak afdhol, masa' backpacker naik taxi. Lagi pula Fikri gak cape' cuman laper aja (liat aja Fikri asyik makan telur rebus beli di halte gambir). Baru ingat kalo tadi belum makan siang (rupanya kebahagiaan di antara kami bertiga sejenak melupakan perut lapar). Bukannya gak makan sama sekali, hanya gak makan nasi tapi makan 18 buah gorengan, 2 cup jagung manis, kacang bogor, jambu, jeruk, dll...ha...ha..ha.

Laper, Bang?

Turun dari bis sekitar maghrib, disambung lagi naik mikrolet ke arah rumah. Sampai depan komplek mampir dulu beli makan di warung tenda, sementara Mas Achmad dan Fikri sholat Maghrib di musholla terdekat. Setelah itu kita bertiga dengan kompaknya jalan kaki menuju rumah.

Sepanjang jalan kaki saya tanya, "Cape' gak Fik?". Fikri bilang gak dan saya yakin fikri berkata jujur. I can see it from his eyes. Fikri tidak cape', saya tidak lelah dan Mas Achmad tidak letih. Hanya bahagia yang kami rasakan saat itu.

Kebahagiaan tidak berbanding lurus dengan kemewahan, kami sudah membuktikannya hari itu. Meskipun dengan akomodasi yang seadanya, tapi kami bisa merasakan beribu kebahagiaan yang melimpah ruah melingkupi kami. Melalui senyum yang mengembang, melalui tawa yang terlepas, melalui sorot mata yang bersinar, melalui tangan yang bergandeng erat, melalui kebersamaan kami.......bertiga.

Best time and best moment in our life....our simple life.

Nb. Fikri....ayo kita makan jagung rasa keju.......maniiiiiis (sambil telunjuk tangan kanan ditempelkan di pipi kanan dan jangan lupa senyum manis...semanis-manisnya).

18 comments:

Didiet said...

Kok jalan2 gk ngajak didit mbk..Aku baru tau kalo ada jagung rasa keju,pingiin

Mama Ben said...

aduh jujur jeng aku bacanya mpe terharu..ngiri...
kebahagian emang ga bisa diukur dg apapun ga bisa diganti dg apapun...

badan sehat lagi ya hehe...
juga momennya bikin manis buat diingat...

dulu aku masih pacaran tuh pernah ke kebun raya bogor hehe, naik kereta api yg ke bogor itu loh, yg dempet2an, sampe nyium kaca haha...

aku kangen gitu lagi...aku jadi kangen...uhuk uhuk...

thanks posting ini bagus...sukaaaa...

Salma Hasna Tsabitha said...

mas FIkri, seneng ya jalan2, salma ikut doooonk hehe tapi salma lom bisa jalan lho.. Oiya, kapan gashuku taekwondonya, biasanya juga di daerah puncak lhoudah apal janji taekwondo indonesia blum? :D

fa said...

waaa... senengnya yg habis jalan2, kapan2 aku mau ngajakin suami ber-backpacker juga ah (hihi.. gpp ya nyontek idenya) :D

Rezki said...

asyiikk sotonya enak tuh..

BuNd4 N4jW4 said...

Asik yang jalan-jalan....Abang Fikri hebat gak cape yah sayang? Soalnya Happy yah :)

Btw tinggal dikelapa dua mana? Kebon jeruk? Yg Lurahnya namanya firmanudin bukan? Aku jg Tgl dikebon jeruk mba?:)

Mama Anne dan Ghani said...

Akur ama mama Ben , sukaaa banget ama postingan ini bu .
Ngingetin kita buat lebih membumi ya.

Kalo aku mau backpaker ama papanya n Anne boleh titip Ghani di rumah mbak nik ya
Wong Ghani maunya cuma gendong hi..hi..hi

Mama Anne dan Ghani said...

Kelupaan mbak nik , soto bogornya di sebelah mana dari tajur tuh kok enak banget kayaknya

Novee said...

waduh.. asoy kaya nya niy jalan2 nya Bu..
baru tau kalo di KRB ada mobil kecil yg bisa dibawa muter2. bayar tak?
btw koq aku ga prnh liat mikrolet B17 yah.. coz aku juga kl kemana2 naek dari pintu tol kb jeruk ituh, tp KWK B03.. hehe
mang klapa dua nya dimana bu? tetangga dong kitah..

Zeeva Athena Cakranegara said...

'Kebahagiaan tidak berbanding lurus dengan kemewahan' - SETUJUUUUUH!!!

ahhhhhhh segernya baca postingan ini... apalagi kalo dibagi jagung rasa keju -ngiler-

Mama Rafayra said...

wah ini aku pernah lakukan. Bertiga ma Rafa n papanya...naik busway ke asemka. Wuih seru banget.

Sayang fay masih terlalu kecil utk diajak jalan. Mamanya gak boleh gendong...kasian kalo digendong papa terus

barb michelen said...

Hello I just entered before I have to leave to the airport, it's been very nice to meet you, if you want here is the site I told you about where I type some stuff and make good money (I work from home): here it is

Ocha said...

Nah Bun...perjalanan kayak begini yang udah dicita-citakan Bapak-e Daffa....Patut ditiru nih....
BTW..kok ngga' kalap di Tajur??

Mama Anne dan Ghani said...

Mas Fikri tante kalo baca postingan ini , seneng soal gorengan yang dimakan di bawah rintik ujan , jagung kejunya , jeruk , n foto mas Fikri mkn telur rebus hi..hi
Foto sotonya dah gak ngefans , kata mama mas Fikri kurang mak nyooossss ya
Padahal fotonya dah bikin ngiler aja tuh

IbuDzakyFai said...

wha enak nya ..makan2 .....emang cocok ma jalan-jalan.....iya Fikri...gak capek khan seneng seh.........heubat euy.....18 gorengan? hi hi....

retma said...

Waaa... Nikki juga belon lama ke Tajur juga loh. Doooh, kayaknya asyik juga ya, jalan2 kek gituw. Terakhir kayak gitu waktu masih pacaran ama Mas. Hahaha. Suka nglayap ke mana2 modal ransel doang. Xixixi. :p

Tiwi said...

pengeeen ikut...kapan mau backpacker-an lagi Mom...?

BUndAzkA said...

waaaaaaaaahhh bnr2 ikutan bahagia dehhh..

bnr2 dehhh enak bgt emg jalan2 sekle gituu..